Juara Umum Sea Games 26 Sudah di Tangan, Medali Emas Sepakbola Mengapa Tidak?

21 Nov 2011

foto-timnas-indonesia-u-23-sea-games-2011Juara umum Sea Games 26 sudah di tangan dan partai final cabang sepakbola Sea Games 26 tinggal beberapa jam lagi akan dijalani oleh Timnas U23 alias Pasukan Garuda Muda. Lawannya pun sudah diketahui bersama, yaitu musuh bebuyutan kita, Malaysia. Pantaskah Timnas U23 meraih medali Emas Sea Games 26?

Siapapun kita yang mengaku warga negara Indonesia pasti akan menjawab pertanyaan dengan semangat dan sedikit emosional: Pantas dong!!! Mengapa? Karena Timnas U23 kebanggan kita mempunyai segala persyaratan untuk itu. Mari kita flash back sebentar:
- menang 6-0 lawan Kamboja
- menang 2-0 lawan Singapura
- menang 3-1 lawan Thailand
- kalah 0-1 lawan Malaysia karena tampil tanpa full tim.
- menang 2-0 atas Vietnam.

Diantara 5 pertempuran di lapangan hijau yang sudah dijalani pasukan garuda muda kita, partai semi final melawan Vietnam adalah partai krusial yang sangat spesial. Penampilan Timnas U23 benar-benar luar biasa. Menurut saya beberapa faktor yang menjadikan partai melawan Vietnam pantas menjadikan kita bangga dengan tim kesayangan adalah:
- mampu bermain lepas, tidak emosional dan bisa keluar dari tekanan meski Vietnam bermain dengan sedikit kasar.
- skill pemain bisa dioptimalkan
- kerja sama tim yang solid
- semangat pemain yang patut diacungi jempol
- memiliki mental juara
- memiliki pemain ke-12 yaitu dukungan penonton di pinggir lapangan yang luar biasa.

Artinya, saat ini kita memang pantas mengharapkan medali emas Sea Games 26 untuk sepakbola setelah 20 tahun menunggu, kepada pasukan garuda muda.
Mudah2an ekspektasi dan beban yang tidak ringan itu bisa diemban oleh pasukan garuda muda kita dengan sebaik-baiknya.

Lupakan kekalahan 0-1 dari Malaysia pada partai terakhir beberapa hari lalu. Kata teman-teman dari Medan: \\\”Ini Final Bung\\\”. Ingat juga \\\”bola itu bundar\\\” sehingga bisa bergulir secara liar, tetapi juga bisa diarahkan.

Saatnya Indonesia juara sepak bola pada Sea Games 26 kali ini untuk menyempurnakan gelar Juara Umum Sea Games 26. Rasanya menjadi kurang lengkap gelar juara Sea Games 26 tanpa medali emas dari cabang sepak bola. Dan sangat pantas bila pasukan garuda muda kita meraih medali emas dengan bekal yang dimilikinya saat ini.

Namun kalau toh gagal, mereka tidak pantas untuk dihujat dan dicerca. Timnas U23 alias Pasukan Garuda Muda kita tetap pantas untuk kita dukung bila penampilan mereka bisa seperti saat menghadapi Vietnam dua hari lalu.
Ayo Timnas U23…saatnya mengalahkan Malaysia
Ayo Pasukan Garuda Muda…saatnya kalian menjadi Juara dengan kalungan Medali Emas di dada.


TAGS timnas U23 pasukan garuda muda juara sea games 26 medali emas sepak bola


-

Author

Follow Me