Sudah Siapkah Kita Kalah Dari Vietnam?

19 Nov 2011

foto-timnas-indonesia-u-23-sea-games-2011Siapapun kita yang mengaku ber-tanah air, ber-bangsa satu, ber-bahasa satu yaitu Indonesia tidak ingin Timnas U23 yang bertanding pada laga semi final Sea Games 26 nanti malam akan kalah melawan Vietnam.

Tidak seharusnya kekalahan Timnas U23 alias Garuda Muda oleh Malaysia menjadi tolak ukur bahwa Timnas U23 tidak pantas masuk Final Sea Games 26. Tetapi untuk bisa ke final bukan hal yang mudah karena tim Vietnam bukanlah tim yang mudah dikalahkan. Pasukan kecil Vietkong ini adalah pasukan yang pantang menyerah. Artinya Garuda Muda kita harus benar-benar siap secara fisik dan mental karena kualitas tim dan skill indvidu menurut saya seimbang.

Semoga dukungan suporter yang memadati stadion gelora Bung Karno bisa menjadi pemain ke-12 Timnas U23 yang setiap saat bisa berperan menjadi pemain di lini pertahanan, lini tengah maupun lini depan. Harapan dua ratus juta pasang mata yang menyaksikan pertandingan melalui layar kaca semoga bisa menjadi pendukung mental pasukan Garuda Muda kita di lapangan hijau.

Suporter akan menjadi pemain ke-12 di lini pertahanan mana kala pasukan Garuda Muda kita diserang oleh pasukan kecil Vietkong. Suporter akan menjadi pemain ke-12 di lini tengah manakala Timnas U23 sedang menyusun penyerangan dan menjadi pemain lini depan manakala Timnas u23 di Sea Games 26 harus mem-bom-bardir gawang Vietnam.

Menurut saya, sebenarnya tidak ada alasan untuk kalah dari Vietnam apabila Timnas U23 bisa bermain lepas dan smart dengan memanfaatkan posisi sebagai tuan rumah dan dukungan penonton yang sangat luar biasa di gelora Bung Karno.

Lupakan tiga kemenangan beruntun dan kekalahan dari Malaysia sebelumnya. Pasukan kecil Vietkong adalah pasukan yang harus dihadapi dengan MENTAL JUARA, FISIK yang PRIMA dan SKILL yang dioptimalkan. Saya kira kita semua sepakat bahwa persoalan MENTAL JUARA yang masih menjadi tanda tanya.

Jangan sampai dukungan penonton di lapangan dan dua ratus juta pasang mata dari layar kaca justru menjadi persoalan bagi pasukan Garuda Muda kita di tengah medan pertempuran. Jangan pikirkan laga Final terlebih dahulu, karena laga melawan Vietnam di ajang Sea Games 26 ini adalah laga krusial.

Menang atas Vietnam di ajang Sea Games 26 adalah keharusan, namun sudah siapkah kita dan timnas U23-Pasukan Garuda Muda kalah dari pasukan kecil Vietkong? Ini adalah persoalan mental dan persoalan sepak bola nasional kita atau bahkan persoalan kita semua sebagai bangsa?


TAGS timnas U23 mental juara sea games 26 pasukan garuda muda


-

Author

Follow Me